• Subcribe to Our RSS Feed

Sabtu, 20 Oktober 2012

Kawah Ijen

(Kawah Ijen yang terletak sekitar 74 kilometer dari Kota Bondowoso itu adalah salah satu wisata alam menarik yang dimiliki Jawa Timur)                               
Gunung Ijen atau  yang biasa di kenal sebagai Kawah Ijen ini, adalah salah satu gunung yang terletak di kab.bondowoso dan gunung ini merupakan gububg yang masih aktif sampai sekarang. tingginya kurang lebih 2.443 m dari  permukaan laut,  gunung ini sudah pernah meletus 4 kali tepatnya  di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.
  kawah Ijen merupakan satu komplek gunung berapi yang terdiri dari kawah gunung Ijen dan dataran tingginya. gunung ini berada tepat di tengah2  tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi
.
 gunung ijen ini terkenal dengan wilayah pertambangan belerangnya, ini berarti mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas. ketika sahabat berada di kawasan kawah Ijen, sahabat dapat menyaksikan para penambang yang sedang sibuk menambang belerang, dan memikulnya melalui jalan2 curam..
http://farm3.static.flickr.com/2492/3930367053_02d0f7f359.jpg   Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar.. yang menarik dari Kawah ijen memiliki sentuhan pesona eksotis tersendiri dari warna danau nya yang hijau toska,dramatis dan elok :) dengan asap2,dan suhunya yang dingin, sahabat pasti akan merasa rugi jika tak mengabadikannya dengan kamera .  kedalaman kawah ijen sekitar 200 meter. , derajat keaasmannya nol , bisa dapat melarutkan pakaian dan jari manusia wuih...:0 .
    Bagi shabat yang suka berpetualang,  Gunung Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilajutkan ke Paltuding. Jaral Situbondo ke Paltuding sekitar 93 Km dan dapat ditemput sekitar 2,5 jam.
Dari arah selatan, bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya sekitar 6 Km sebelum ke Paltuding. Ini dikarenakan jalan yang berkelok dan menanjak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar