• Subcribe to Our RSS Feed

Rabu, 07 November 2012

tape manis bondowoso



Tape, makanan manis inilah yang membuat Bondowoso terkenal. Tape Bondowoso terbuat dari singkong pilihan dan difermentasikan dengan baik sehingga menghasilkan rasa yang manis dan khas Bondowoso.
      Pemasaran dari tape inipun banyak menyebar ke berbagai daerah di Indonesia yang semakin mengantarkan nama Bondowoso semakin tenar sebagai kota penghasil Tape.
  merk tape manis yang terkenal antara lain Tape manis 82, tape manis 31, dll. Toko penjual tape manis  Bondowoso pada umumnya terkonsentrasi di Jalan Jendral Sudirman atau lebih dikenaldaerah Pecinan.Jl jendral sudirman.,
-->













   http://metrotvnews.com, Bondowoso: Tahukah Anda? Tape asal Bondowoso, Jawa Timur, ternyata cukup digemari warga asing. Beberapa negara kini menjadi importir makanan berbahan dasar singkong tersebut. Di antaranya Malaysia, Singapura, dan Saudi Arabia.

Salah seorang pengusaha tape Bondowoso, Lita Lidiana mengaku sering kebanjiran pesanan dari Mekah, Arab Saudi, saat musim haji. Dengan dibantu 25 pekerja, Lita mengolah hingga 1 ton singkong setiap hari.

Bisnis tape bagi Lita cukup menjanjikan. Omset dari pasar lokal Bondowoso saja mencapai Rp2 juta per hari. Belum lagi pesanan dari luar kota, seperti Situbondo, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Menurut Lita, ia membuat variasi tape untuk menarik pelanggan. Baik dalam kemasan maupun jenis tape. Ada yang dikemas dengan besek, bambu, dan kotak karton. Seluruh tape dibingkus dulu dengan daun pisang untuk memunculkan aroma menggugah selera.

Harga tape relatif terjangkau. Jenis tape bakar dengan berat 1,5 ons dihargai Rp700 per bungkus. Sedangkan tape kemasan bambu per ikat terdiri dari 5 besek dibaderol Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

Namun, usaha Lita kini terkendala melambungnya harga bahan-bahan pokok. Lita mengaku omsetnya menurun karena daya beli rendah. Ia berharap pemerintah bisa membantu memberi pinjaman lunak agar tape semakin eksis di pasar internasional.(IKA)


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar